Mindset menentukan hidupmu

MINDSET? YES!

Mindset merupakan suatu kebiasaan atau sifat sikap mental yang menentukan bagaimana kamu mengartikan dan tanggap terhadap situasi yang ada.

Pemikiranmu menjadi kata-kata, kata-katamu menjadi tindakan dan tindakanmu menjadi tujuanmu. Seseorang sampai kepada hal itu, tapi saya selalu mengingatnya karena hal itu benar. Tindakan kami menunjukkan bagaimana sebenarnya kami dan sedangkal atau sedalam apa karakter kami.

Dimana kamu hari ini merupakan suatu refleksi dari kata-kata, pemikiran dan tindakan yang kamu lakukan hari, bulan dan tahun yang lalu. Tidaklah masalah seberapa banyak orang mempersalahkan orang tua, guru mereka, dimana mereka bertumbuh, TV, pemerintahan atau apapun, kebenarannya adalah tak seorangpun yang mendapati mereka dimana mereka hari itu tapi mereka sendiri. Lebih lama kita memilih untuk tidak bertanggung jawab dengan hidup kita, lebih lama pula kita menjalani hidup yang tak punya makna yang kita tidak cintai.

Saya mendengar seorang berusia 40 tahun yang mengeluh masalah hidup mereka dan tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka sudah buat. Sebentar…. Jika kamu berpikir masalah-masalah akhir hidup ini nantinya, kamu keliru dan terlalu malas untuk melakukan sesuatunya dengan hal itu.

Berpikir sederhana saja dengan gambar yang kamu sudah lihat di TV. Disaat saya mulai marah karena harus antri berdiri dibelakang dua orang pada toko sembako, saya mengingatkan diri saya kalau banyak orang bahkan tidak tahu dimana makanan mereka dating malam ini. Hal ini merubah saya dari amarah menjadi rasa bersyukur.

Selanjutnya kamu perhatikan diri kamu sendiri disaat frustrasi atau marah tentang sesuatu dalam kehidupan kamu. Saya mengajak kamu untuk merubah perhatian kamu terhadap hal-hal yang besar didalam kehidupan kamu sendiri. Tidak masalah jika kamu berpikir bahwa kamu tidak punya cukup uang atau kamu marah terhadap anjing kamu karena mengunyah sepatu. Ingat berapa banyak kasih yang kamu dapatkan dalam memiliki anjing di tempat pertama dan pendapatan mingguan kamu lebih banyak dari pada beberapa orang yang berpenghasilan dalam sebulan atau setahun.

Tetap fokus atas apa yang sedang bekerja – untuk kamu dan untuk orang lain. Kita diserang dengan masukan negative sepanjang hari. Kita harus perhatikan apa yang masuk karena mata pencaharian kita tergantung atas apa yang kita keluarkan dengan kreatif. Kepala kita harus penuh dengan inspirasi yang positif atau tempat yang kosong dimana kita bisa bermimpi akan sesuatu.

Suatu penyelidikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang-orang yang paling banyak menonton berita di TV adalah orang-orang yang paling takut dalam masyarakat kita. Kejahatan telah menurun di Amerika selama lebih satu decade, tapi sejak berita-berita berfokus terhadap hal itu dan mengulangnya berulang kali, banyak orang menerima pesan atau berpikir bahwa dunia tidak lagi aman. Orang-orang ini berakhir menjadi kurang percaya dan kurang berhasil sebagai hasil dari lumpuh secara emosi terhadap tingkat ketakutan mereka.

Ingat pepatah tua“Masuk sampah, Keluar sampah”? Jika kamu diminta tampil di TV yang didasarkan pada seseorang, hari ini kamu akan menjadi ‘Jerry Springer’ atau ‘Oprah?’

Ohh… saya tahu. Barangkali kamu tertawa dan terkekeh-kekeh saat ini

Kenyataannya, saya dapat melihat pertanyaannya nampak ketidakpercayaan pada wajah kamu.

Bahkan mungkin kamu berpikir bahwa kamu tidak akan menjadi salah satunya. Bayangkan saja kalau ada seorang anak muda di depan pintu kamu dan dia akan menempatkan kamu di limo saat ini dan kamu harus memilih satu pertunjukan atau yang lain untuk menjadi tamu atau kamu akan di kurung di rumah selama satu bulan. (Itu hal yang lucu, tapi kamu dapat intinya, saya ingin kamu memasukinya)

Ada perbedaan yang pasti antara para tamu ‘Oprah’ dan ‘Jerry’. Para tamu ‘Oprah’ memancarkan kepercayaan dan telah bertanggung jawab atas hidup mereka dan telah menciptakan limun dari jeruk. Para tamu ‘Jerry’ memancarkan jati diri yang rendah dan berpikir kalau mereka adalah para korban kehidupan. Bahkan lebih muruk, mereka berpikir kalau mereka memiliki hak untuk menimbulkan sikap kekalahan diri yang negative terhadap orang lain.

Orang-orang ‘Oprah’ tahu kalau mereka kreatif hingga akhir hidup mereka

Orang-orang ‘Jerry’ memilih untuk berpikir menerima hidup apa adanya. Dan kebenarannya adalah apa yang mereka yakini yang akan mereka dapatkan. Itu merupakan polisi gampangan yang keluar dalam mengatasi sesuatu dan banyak rakyat yang malah melakukannya.

Penting untuk menjaga sikap mental yang positif, tidak masalah seperti apa hidup kamu karena tidak ada yang lebih penting dari pada pemikiran kamu. Mereka menentukan bagaimana kamu mengalami menit, jam, hari, minggu, tahun, decade dan abad yang akan dating. Luputkan hidup kamu dari orang-orang dan keadaan yang tidak menginspirasi dan meramaikan kamu.

Sungguh hidup terlalu singkat untuk membangun sandiwara yang membingungkan dan para pengeluh yang tidak pernah mengubah sesuatu

Kita semua melemparkan ungkapan kemana-mana mengenai bagaimana hidup terlalu singkat, tapi kita tidak hidup dengan cara itu. Ambil sedikitnya satu tindakan hari ini untuk menguatkan bahwa kamu sedang menciptakan suatu kehidupan yang kamu cintai.

Hindari teman yang menghabiskan tenaga kamu. Baca autobiografi orang yang menginspirasi kamu. Matikan TV dan tuliskan tujuan-tujuan dan nilai-nilai yang bermakna dalam hidup kamu. Cobalah jalan-jalan di alam luas dengan seorang teman yang mendukung hal-hal yang terbaik dalam kamu. Tuliskan surat buat seseorang yang telah mempengaruhi hidup kamu dengan cara yang positif untuk mereka tahu kalau kamu punya mereka sebagai orang-orang yang berpengaruh didalam hidup kamu. Gosok perut anjing kamu dan perhatikan senyumannya yang sangat menggembirakan yang datang untuk menyambut kamu.

Kamu sedang membangun masa depat yang luar biasa. Pelajari orang-orang yang sukses dan kamu akan memperhatikan disekeliling mereka sendiri orang-orang lain yang berhasil dan menginspirasi mereka. Hidupmu adalah pertunjukamu, yang memilih untuk menjadi seorang ‘Oprah’ dan yang mengindari orang-orang ‘Jerry’ yang muncul dalam kehidupan kamu. Atau masih lebih baik, hilangkan Orang-orang ‘Jerry’ yang kamu temui seperti mereka seorang ‘Oprah’ yang terkubur dibagian dalam mereka sehingga kita semua dapat bersinar bersama-sama

Biarkan sikap mental positif yang ada dalam diri kamu mempengaruhi setiap orang yang kamu temui dan kita semua akan menikmati hidup yang lebih baik./Tr, Immer

Satu Tanggapan

  1. Wahh… Artikelnya sangat bagus, merubah mindset kepada yang lebih positif….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: