Resep pernikahan bahagia

Dihargai adalah salah satu keinginan terdalam dari setiap mahlik hidup. Kita semua ingin sekali memberi dan menerima lebih banyak pengakuan, meskipun kita tidak menyadari betapa besarnya keinginan itu. Dan yang terpenting, pasangan Anda pun sangat mendambakan pujian dan pengakuan.

Setiap manusia terbiasa melihat hal-hal yang keliru dan langsung mengkonfrontasi hal tersebut dengan melontakan berbagai kritik. Patinya semua itu dinyatakan dengan maksud baik, naum sayangnya efeknya tidak sebaik yang diharapkan.

Alicia dan Derek adalah pasangan muda yang sedang mempertimbangkan sebuah perceraian, karena berbagai kebiasaan sepele yang tidak dapat disatukan. Ketika berkonsultasi atas masalah mereka, Alicia dan Derek diminta untuk melakukan tips berikut ini:

Pertama mereka harus berlatih melakukan “Tiga A”, Acknwoledgement (Pengakuan), Appreciation (Penghargaan) dan Awe (Kekaguman).

1. Acknowledgement (Pengakuan), berarti memperhatikan kualitas atau sumbangan yang luar biasa dalam diri seseorang.

2. Appreciation (Penghargaan), berarti menangkap sifat dan nilai sesuatu atau seseorang dengan mengungkapkan syukur. Sebagai contoh : “Saya benar-benar menghargai kamu mau meluangkan waktu menemaniku berbelanja.”

3. Dan yang terakhir adalah Awe (Kekaguman). Mengagumi berarti memiliki kekaguman atau rasa hormat yang mendalam, diilhami dari sesuatu yang luar biasa atau menakjubkan.

Selain melakukan “Tiga A” tersebut, Derek dan Alicia juga membuat kesepakatan untuk tidak melakukan “Tiga C” yang sangat beracun dan mematikan. Tiga C itu adalah,
1. Criticizing (Mengkritik),
2. Complaining (Mengeluh),
3. Condemning (Menyalahkan).

Mereka belajar, alih-alih menunjukkan kesalahan pasangannya, mereka menggunakan “pendekatan plus”. Artinya, daripada menyalahkan pasangan atas kesalahannya, mereka coba menawarkan solusi untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Anda lihat bedanya? Pendekatan lama yang menyalahkan akan memicu rasa malu dan rasa terpisah, sementara “pendekatan plus” akan terasa segar, inovatif dan terbuka pada kemungkinan baru.

Ini adalah fenomena menarik yang perlu Anda alami dalam pernikahan Anda. Bayangkan atmosfer dalam rumah Anda dipenuhi dengan keamanan, kegembiaraan dan pengakuan, bahkan merupakan sebuah petualangan hidup yang sangat menarik dan tanpa akhir, bukan lagi pengulangan yang berat dan membosankan. Resep tersebut sangat sederhana, cukup Anda lakukan “Tiga A” dan jangan lakukan “Tiga C”, maka kehidupan Anda pasti akan berubah./Jawaban.com/EN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: